Thursday, February 23, 2012

Informasi pool taksi Blue bird - Jakarta

Mungkin ini hanya kebiasaan saya. Setiap saya naik taksi Blue Bird, saya perlu tahu taksi tersebut berasal dari pool mana. Ini memberikan saya gambaran kira-kira daerah mana yang dikuasai supirnya. Contohnya, untuk pulang ke rumah, saya lebih tidak kuatir kesasar dengan taksi kode L.. dibanding dengan taksi kode K... karena yang satu poolnya di Pondok Cabe, yang satu lagi di Kelapa Gading. Asumsinya, supir harusnya menguasai daerah dekat pool taksinya, kecuali supir yang baru bergabung. Beberapa taksi Blue Bird juga dilengkapi dengan perangkat GPS. Secanggih-canggihnya perangkat tersebut, saya lebih senang kalau supirnya juga bisa mengerti jalan tanpa menyetir dengan bingung-bingung.

"Aduh maaf ibu ya, harusnya tadi belok kanan nih kalo dari GPSnya, saya kelewatan tadi"

Pool sebuah taksi Blue Bird dapat diketahui dari dua kode huruf di pintu taksi, selain juga dengan bertanya langsung kepada supirnya. Berikut informasi tentang kode dan pool yang saya dapatkan melalui browsing maupun bertanya langsung kepada supirnya:

A..: Kemayoran. Saya beberapa kali ditolak oleh taksi ini untuk tujuan ke Lebak Bulus, dan saya maklum
B...: Mampang Prapatan, berada tepat di seberang Hotel Maharani
C...: Tanah Kusir
D...: Kramat Jati
E...: Daan Mogot
F...: Rawa Buaya, Cengkareng
G...:Narogong
H...: Cimanggis, Depok
I...: Cipulir
J...: Perigi, Bintaro
K...: Kelapa Gading
L...: Pondok Cabe
M...: Japos, Tangerang
N...: Penggilingan
O...: Ciputat
P...: Puri
R...: Raden Inten
S...: Halim
T...: Pondok Cabe
X...: Kalibata
Y...: Lebak Bulus, sebelah Klinik Mata Nusantara. Ini adalah pool yang belum lama dibuka.

Khusus untuk pool di mal, salah satu mal yang cukup ramai taksi Blue Birdnya adalah Cilandak Town Square (Citos). Beberapa kali saya menunggu taksi di mal ini dan tidak pernah kesulitan mendapatkan taksi Blue Bird. Petugas Blue Bird juga selalu stand-by disini. Sementara di satu mal lainnya yang tidak jauh dari Citos, saya harus mengantri selama kurang lebih 20 menit untuk menunggu taksi Blue Bird. (Memang ini belum seberapa dibandingkan mengantri taksi di Plaza Semanggi atau mal lainnya sewaktu/sehabis hujan; saya hanya mencoba memberi perbandingan). Menurut saya, ini dikarenakan Citos cukup strategis sebagai tempat transit untuk kembali melanjutkan perjalanan (dekat dengan akses tol maupun jalan-jalan utama seperti T.B. Simatupang dan Fatmawati).

10 comments:

  1. waah keren, ternyata selain saya ada juga yang suka menghafal pul taksi bluebird! hehehe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi..
      awalnya buat tahu mereka dari pul mana sih, dan darisitu dihubungin sama kemungkinan respon mereka terhadap tujuan yang dituju.

      rata-rata saya pernah kebagian dari semua pul :)

      Delete
  2. sekarang keluar baru dengan bluebird dengan kode 3 huruf apa aja ya...
    baru tau JKD Pool Jati Kramat satelitnya Pool Hek Kramat Jati (D), trus ada SYE, KAR dan lain lain deh. mohon info lokasi poolnya juga donk buat yang 3 huruf.
    trus ada lagi kode UK Cijantung yang juga satelitnya pool D. trus pool D juga punya pool satelit di condet tp ttp pake no body kepala D
    oya kalo UD ternyata pool Bandung, jadi ga bisa huruf depannya aja nih sekarang.

    ReplyDelete
  3. Hi..

    Terima kasih updatenya. Ya, untuk UK memang adalah pool Cijantung.

    Kemudian untuk kode 3 huruf, saya juga sudah memperhatikan. Awalnya saya berpikir kode tambahan ini merupakan tambahan dari pool yang sudah ada sesuai dengan huruf pertamanya. Contohnya kode JKD. Awalnya saya mengira kode ini dari pool Bintaro yang berkode "J" juga depannya. Ternyata tidak, JKD adalah dari pool Jati Kramat.

    Namun untuk kode 'SYE'(saya pernah mendapat taksi dengan kode ini dan saya tanya langsung dengan supirnya) adalah dari pool Halim juga, seperti kode nya "S".

    Kemudian untuk kode 'BDU' adalah dari BSD (berdasarkan info dari supir taksinya juga)

    Informasi pool dengan 3 huruf lainnya akan terus saya update :)

    Kemudian kalau pool ternyata di luar Jakarta dan kebetulan memiliki kode huruf depan yang sama dengan pool di Jakarta, coba perhatikan plat nomornya. Kalau saya tidak salah ingat, saya pernah menemukan taksi dengan kode CD tetapi plat nomor A, jadi bukan berasal dari pool Tanah Kusir.

    ReplyDelete
  4. Kyknya klo 3 huruf itu 2 huruf depannya singkatan lokasi pool ya?
    JKD = Jati Kramat
    SYE = SoetoYo, Mayjen (ex kantor PPD) yang masih satelitnya pool SE (Halim)

    CMIIW

    ReplyDelete
  5. Untuk yang ini mungkin saja benar tapi saya juga nggak tahu pasti ya, karena saya nggak tahu persis letak lokasi poolnya itu. Contohnya seperti pool Halim, saya hanya tahu sebatas Halim, tidak tahu persisnya seperti yang Anda beritahukan.

    Oh ya, untuk beberapa kode dengan 3 huruf saya mendapatkan beberapa tambahan informasi dari supir taksi pool 2 huruf yang tahu beberapa kode 3 huruf berikut:
    MMM = Tambun, Bekasi
    LED = Lenteng Agung
    CUL = Bitung, Tangerang

    ReplyDelete
  6. mungkin :
    MMM : jangan2 poolnya di MM2100 (kawasan industri cibitung)
    eh itu MMM pake warna blue bird label morante bukan ?? kode NM soalnya pake label morante warna biru muda

    Nambahin lagi
    OTD : Condet
    KAR : Kranggan

    ReplyDelete
  7. Hi there.. thanks untuk tambahan list kode pool Blue Birdnya. Untung setelah 4 tahun tambahan kodenya masih menggunakan 3 huruf ini, bukan 4. Anyway saya sudah mulai jarang naik Blue Bird, sekarang lebih sering menggunakan taksi online. Kali ini saya juga suka memperhatikan plat mobilnya, huruf pertama dari 2 atau 3 huruf di belakang.

    ReplyDelete
  8. Pgm Bluebird dah kabur semua ke taksi online. Skrg supir2 baru yg ada wkwkwkw

    ReplyDelete