Saturday, June 3, 2017

Tips Aman Naik Taksi (Post from 2012)

Ketika Anda mengetahui bahwa ada orang lain mencemaskan Anda saat Anda menunggu taksi, apa menurut Anda yang ada di pikiran orang tersebut? Pertama, mungkin hari sudah larut malam. Kedua, hujan mulai mengguyur. Ketiga, keduanya terjadi bersamaan.

"Ya udahlah, ini udah telpon taksinya kok ntar lagi dateng"

"Iya ini masih ada satpam kok di bawah tenang aja"

Mungkin inilah sebagian respon yang kerap kita berikan terhadap mereka yang mencemaskan kita, atau paling tidak mereka yang suka berpesan kepada kita agar hati-hati dalam mencari taksi. Saya yakin mereka berpesan seperti itu bukannya tanpa alasan. Tidak sedikit kejahatan yang terjadi pada saat menunggu taksi atau bahkan ketika sudah di dalam taksi.
Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama menunggu taksi maupun ketika sudah berada di dalamnya.

Apabila sudah malam dan Anda takut untuk berdiri menunggu taksi sendirian, mintalah satpam di kantor atau petugas lainnya untuk mencarikan Anda taksi sehingga Anda tidak perlu berdiri di pinggir jalan menunggu. Imbalan 2 - 5 ribu menurut saya cukup sebagai ganti mereka mencarikan taksi. Alternatif lain adalah memesan taksi via telepon. Tinggal menyebutkan alamat tempat Anda dijemput dan operator akan memberikan estimasi berapa lama taksi akan tiba di tempat Anda. Dalam situasi hujan mengguyur atau sehabis hujan, oeprator pun masih melayani telepon Anda walaupun paling cepat 45 menit atau 1 jam taksi bisa tiba di tempat Anda.

Apabila Anda harus berdiri menunggu taksi, berdirilah di tempat yang terang, atau tempat yang terlihat (misalnya dekat pos satpam atau dekat tukang berjualan). Selain memudahkan taksi kosong melihat Anda, berdiri di tempat-tempat tersebut membantu menghindarkan Anda dari hal-hal tak terduga yang mungkin menimpa. Selain mereka yang bertanya tentang informasi jalanan/gedung, jangan meladeni kendaraan yang menepi kepada Anda. Ketika menunggu taksi, pernah ada mobil yang menepi ke arah saya dan membuka kaca. Awalnya saya mengira mobil tersebut menanyakan alamat. Ternyata seorang cowok iseng yang mengajak kenalan.

Ketika menunggu taksi, sebisa mungkin jangan terlalu terfokus kepada ponsel Anda karena perhatian bisa tertuju hanya kepada benda tersebut dan tidak awas akan situasi sekitar. Plus Anda bisa kelewatan taksi kosong yang baru saja melintas di depan hidung Anda.

Khusus untuk taksi Blue Bird, ketika taksi biru kosong tersebut sudah menepi ke arah Anda, saya biasa memperhatikan kode di lambung taksi tersebut, kemudian mempertimbangkannya sesuai tempat tujuan saya. Namun hal ini tidak selalu perlu dilakukan ketika Anda hendak mencari taksi Blue Bird, terutama ketika sedang buru-buru. Hanya saja, beberapa taksi tidak mau menuju daerah-daerah tertentu yang menurut mereka sudah terlalu jauh dari pool. Dua kali saya ditolak oleh taksi dari pool Kemayoran untuk menuju tempat tinggal saya.

Khusus untuk taksi Express (atau mungkin taksi lainnya juga), apabila Anda sudah berada di dalam taksi, pastikan Anda mengunci sendiri pintu tempat Anda masuk, dan pintu belakang sebelahnya karena setahu saya taksi Express tidak memiliki sistem pengunci pintu otomatis.

Ketika sudah berada di dalam taksi, selelah apapun Anda, usahakan jangan sampai tertidur di dalam taksi, kecuali ada orang lain yang juga bersama Anda. Beberapa supir taksi segan membangunkan penumpangnya untuk bertannya mau lewat mana sehingga mereka mengambil jalan sesuai pemikiran mereka. Ada baiknya untuk langsung memberitahukan rute mana yang akan diambil begitu Anda masuk ke dalam taksi.

Apabila supir taksi tiba-tiba menepikan mobilnya, tanyakan untuk keperluan apa. Biasanya mereka mau membeli minum, membetulkan kap bagasi yang kurang kencang, atau ingin buang air kecil. Di luar dari alasan tersebut, Anda perlu hati-hati dan pastikan pintu tetap terkunci dari dalam.

Di luar hal-hal di atas, ada baiknya Anda selalu berhati-hati dari memilih taksi sampai sesaat sebelum Anda turun. Yang juga penting adalah pastikan tidak ada barang-barang Anda yang tertinggal di taksi ketika hendak turun :)

1 comment:

  1. youtube - videogame.com : youtube | Videogame.com
    youtube - videogame.com | videogame.com หาเงินออนไลน์ | videogame.com | videogame.com | 유튜브 음원 추출 videogame.com | videogame.com | videogame.com deccasino | videogame.com.

    ReplyDelete